Rabu, 09 Januari 2013

PROGRAM DAN BAHASA PEMROGRAMAN


Program komputer adalah rangkaian kata perintah yang telah dimengerti oleh komputer untuk dikerjakan. Kata-kata perintah perintah tersebut membentuk suatu bahasa yang disebut bahasa pemrograman. Sebagaimana bahasa pada manusia, bahasa pemrograman juga terdiri atas banyak macam bahasa, dan memiliki aturannya masing-masing.

Program adalah instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Komputer mencakup tiga aspek penting, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat akal (brainware).
Bahasa pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur metode yang dimiliki oleh program itu sendiri.
Bahasa-bahasa pemrograman dibagi menjadi 2, yaitu :
v  Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya program berupa kode-kode mesin.
v  Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari contoh bahasa level ini adalah : Delphi, Pascal, ORACLE,MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASH, XML, dan lain-lain.bahasa seperti Java, PHP, ASH, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .net (baca: dot net) seperti Visual Basic.NET dan Delphi.NET yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada aran berbasis internet.
Berdasarkan terapannya bahasa pemrograman dapat digolongkan atas dua kelompok besar :
v  Bahasa pemrograman bertujuan khusus. Yang termasuk kelompok ini adalah Cobol (untuk terapan bisnis dan administrasi). Fortran (terapan komputasi ilmiah), bahasa rakitan (terapan pemrograman mesin), Prolog (terapan kecerdasan buatan), bahasa-bahasa simulasi, dan sebagainya
v  Bahasa pemrograman bertujuan umum, yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, yang termasuk kelompok ini adalah bahasa Pascal, Basis dan C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar