Senin, 07 Januari 2013

PERILAKU ANANIYAH


Kata ananiyah berasal dari bahasa Arab ana yang berarti saya atau aku, kemudian mendapat tambahan kata iyah. Ananiyah berarti “keakuan”. Sifat ananiyah biasa disebut egois, yaitu sikap terlalu mementingkan diri sendiri bahkan jika perlu dengan mengorbankan kepentingan orang lain. Egois merupakan sifat tercela yang dibenci Allah SWT  dan manusia karena cenderung berbuat sesuatu yang dapat merusak tatanan pergaulan kehidupan bermasyarakat. Orang yang egois biasanya membangga-banggakan diri sendiri, menganggap orang lain hina dan rendah. Padahal Allah SWT dengan tegas tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.
Firman Allah SWT :
 ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä `tB tb%Ÿ2 Zw$tFøƒèC #·qãsù ÇÌÏÈ  

ARTINYA :

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,


Sifat ananiyah sering menimbulkan sikap permusuhan, padahal permusuhan sangat dibenci Allah SWT. Rasulullah saw. bersabda: Dari Aisyah r.a. dari Nabi Muhammad saw. Beliau bersabda : “Orang yang dibenci Allah SWT adalah orang yang paling suka bermusuhan.” (HR Bukhari)

CONTOH PERILAKU ANANIYAH

a.       Didalam berdiskusi, berbeda pendapat sesama teman kelompok atau antarkelompok adalah hal biasa. Ketika berdiskusi, kelompok A mendapatkan giliran menjadi pembicara sedangkan kelompok yang lain menjadi audien (pendengar). Pada saat dibuka tanya jawab, terjadi perdebatan antara Kelompok A dengan Kelompok B sebagai penanya. Kelompok B tidak dapat menerima alasan yang diberikan kelompok A. Dia menganggap bahwa pendapat yang paling benar adalah pendapatnya bahkan pendapat dari audien yang lain pun tidak dapat ia terima. Akhirnya, kondisi  kelaas menjadi tidak kondusif.

Dari ilustrasi diatas dapat disimpulkan contoh perialaku ananiyah sebagai berikut :
1.       Didalam bersikap selalu ingin menang sendiri
2.       Tidak mau mengerti dan memahami perasaan orang lain
3.       Selalu mengganggu kenyamanan hidup orang lain
4.       Tidak pernah mau mendengar saran atau kritikan orang lain





Tidak ada komentar:

Posting Komentar