Kamis, 03 Maret 2016

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
BISNIS PEPES IKAN GURAME



DI SUSUN
UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN TUGAS KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
OLEH :

URI NURCAHYANI
15.11.9213
S1TI-11

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (TI)
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016






KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan hidayah dan inayahNya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir dari kuliah Lingkungan Bisnis.
Berkat dorongan dari orang tua yang senantiasa memberi semangat dan mengingatkan dan juga tidak lupa dukungan dari teman-teman saya sehingga saya bisa menyelesaikan tugas karya ilmiah peluang bisnis ini dengan tepat waktu. Penulis mengucapkan terimakasih untuk semuanya.
Penulis sadar bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna, maka saran dan kritik yang membangun dari pembaca, penulis harapkan demi sempurnanya karya ilmiah ini. Semoga karya iliah yang telah selesai ini bermanfaat bagi semua pihak yang membaca. Dan apabila dalam penyusunan karya ilmiah ini terdapat kesalahan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.




Yogyakarta, 3 Maret 2016


Penyusun
(Uri Nurcahyani)





ABSTRAK
Karya ilmiah ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca dalam membuat atau menghasilkan uang dengan cara membuat bisnis kecil sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Sekarang ini banyak orang yang kreatif dalam menciptakan inovasi baru. Dalam karya ilmiah ini, penulis mengelola bisnis pepes ikan gurameh. Bisnis ini dibuat karena masyarakat sekitar belum ada yang mengikuti atau yang menjual. Yang biasanya ikan gurameh hanya di goring dan hanya dibakar dengan aneka sambal. Jika bisnis ini ditekuni dan diniati maka akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.
Peluang usaha ini dapat diawali dengan modal yang sedikit, dan memperoleh hasil yang besar. Cukup dengan kemasan yang menarik dan cara mengemasnya dengan baik tentu bisa menentukan target pasar menengah ke atas. Dengan adanya karya ilmiah ini semoga bermanfaat bagi pembaca yang berminat mengelola ikan gurameh sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

















ISI
Ikan gurame merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia, dan ikan ini menjadi salah satu ikan yang banyak di konsumsi, karena selain mempunyai rasa yang enak, daging ikan ini juga lumayan banyak. Biasanya harga ikan ini berkisar antara 60-70rb/kg. Sekarang di hampir seluruh restoran seafood menyediakan menu ikan ini, karena konsumen sangat banyak, mulai dari kalangan biasa hingga elit menggemari ikan ini. Dibalik rasa ikan yang enak ikan gurami juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasan kandungan dan manfaat ikan ini :
      Mengandung jumlah protein yang tinggiMenjaga Kesehatan KulitMencegah Penyakit KwarsiorkorBaik bagi Pertumbuhan Balita

Ikan merupakan hewan air yang bergizi tinggi. Lebih baik memperbanyak makan ikan daripada daging merah. Bagi pecinta kuliner, aneka olahan ikan sangat menggugah selera. Ikan dapat diolah dan dikombinasikan dengan bumbu-bumbu sedemikian rupa sehingga menghasilkan olahan ikan yang enak.
Didalam karya ilmiah ini tentu saja akan dijelaskan bahan-bahan dan cara pembuatan untuk pepes ikan gurameh. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya :

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu
Bahan-bahan resep pepes ikan :
6 ekor ikan gurameh, jangan terlalu besar.
750 ml air
1sdt perasan air jeruk nipis
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
2 batang serai, bagi menjadi 6 bagian
Daun kemangi secukupnya
2 lembar daun salam, iris-iris
2 lembar daun salam, bagi menjadi 6 bagian
Daun pisang untuk membungkus
Lidi atau tusuk gigi

Bumbu halus
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
3 buah cabai rawit
6 buah cabai merah
6 buah kemiri, sangrai
Kunyit, dibakar
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Ketumbar secukupnya

Cara Membuat
1.      Balur ikan gurameh dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan 15-20 menit
2.      Rebus ikan gurameh dengan bumbu halus, serai yang dimemarkan, daun kemangi dan daun salam yang diiris
3.      Angkat, bila akan disimpan maka menyimpan didalam freezer
4.      Jika akan disajikan, lelehkan ikan
5.      Bungkus dengan daun pisang, taruh sepotong serai, daun salam, dan bumbu-bumbu
6.      Bungkus dengan lidia tau tusuk gigi
7.      Bakar hingga kecoklatan
8.      Kemudian diangkat dan disajikan.

Peluang usaha pepes ikan gurameh modal sedikit dengan hasil seladang. Tidak harus mempunyai ladang untuk mendapatkan keuntungan seladang dari jualan pepes. Karena pepes ikan ini dapat dijual dimana saja dan oleh siapapun. Dapat dijual yang sudah matang ataupun yang masih mentah asal tersimpan dalam freezer.
Demikian karya ilmiah ini disusun. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Dimohon kritik dan saran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar