Senin, 29 Februari 2016

SEKILAS DASAR MULTIMEDIA


Pengertian Multimedia
Multimedia memiliki berbagai pengertian. Dean(1996) menyatakan bahwa multimedia berasal dari teater, yaitu pertunjukkan yang memanfaatkan lebih dari satu medium dipanggung yang mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukkan. Pertunjukkan multimedia yang mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukkan. Namun, berbeda dengan pengertian multimedia sebelumnya (multi-media), istilah multimedia dalam hal ini berarti suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat-alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan sajian audio visual penuh (McLeod, 1996). 
Pengertian kedua mensyaratkan adanya sinkronisasi berbagai media tadi dengan bantuan komputer, membedakannya dengan pengertian multimedia yang pertama yang memanfaatkan berbagai media yang terpisah dan berdiri sendiri.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :

1. Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick, 1996)
2. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikir2 media input atau output dari data. Media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk., 2002)
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
4. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

\
1. Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia

2. Image
Image (grafik) merupakan hasil sebuah pengambilan citr yang didapat melalui alat penangkap citra, seperti kamera dan scanner, yang hasilnya disebut dengan gambar. Gambar bisa berwujud sebuah ikon, foto maupun simbol.

3. Audio
Audio (suara) adalah komponen multimedia yang dapat berwujud narasi, musik, efek suara atau penggabungan di antara ketiganya.

4. Video
Video merupakan sajian gambar dan suara  yang ditangkap oleh sebuah kamera yang kemudian disusun ke dalam urutan frame untuk dibaca dalam satuan detik.

5. Animasi
Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.


Sumber : Buku Digital Multimedia: Animasi, Sound Editing, dan Video Editing (Amir Fatah Sofya,, ST., M.Kom. dan Agus Purwanto, S.Kom)

Jangan lupa kunjungi link amikom.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar